[Anime Review] Wotaku ni Koi wa Muzukashii - Love is (not) Hard for Otaku

Gambar: A-1 Pictures
Judul Alternatif: WotaKoi, Love is Hard for Otaku (WotaKoi, Cinta Itu Sulit Bagi Seorang Otaku)
Skor MAL: 8.10 (#441)
Perilisan: Musim Semi 2018
Penayangan: 13 Apr. - 22 Jun. 2018
Studio: A-1 Picturess
Adaptasi: Web Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 11 Episode (22 men.)
Genre: Comedy, Romance.
Rating: R(13+) Remaja

Momose Narumi (Date Arisa), seorang wanita kantoran yang selalu berusaha untuk menutupi kenyataan bahwa dirinya adalah seorang Fujoshi bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya, Nifuji Hirotaka (Itou Kento), yang merupakan eorang Otaku Gamer yang juga bekerja pada perusahaan yang sama dengan dirinya. Setelah beberapa waktu yang mereka habiskan bersama, mereka memutuskan untuk berpacaran. Tetapi, apakah hubungan ini akan menjadi sempurna mengingat hobi mereka berdua yang tidak biasa tersebut?

Storyline

Andai saja disini bukan pertemuan dua orang teman masa kecil
Untuk sekedar anime romcom,  bisa kami bilang Wotakoi termasuuk yang menarik. Jalan cerita yang terbilang biasa, namun berkat ide yang digunakan entah kenapa menjadi terasa segar. Dengan fokus utama pada 2 pasang karakter, Hirotaka x Narumi dan Tarou x Hanako, serta tambahan satu pasangan lagi di episode-episode terakhir, anime ini akan selalu menghibur dengan berbagai cerita yang mungkin akan membuat kita senyum-senyum sendiri. Namun, meski cerita menarik banyak hal mengganjal yang admin temukan dan sedikit mempengaruhi penilaian kami terhadap anime ini. Yang paling jelas apalagi kalau bukan ceritanya yang serasa masih jalan ditempat. Sepanjang cerita, hubungan antara Hirotaka dan Narumi itu stagnan, tidak ada perkembangan lebih jauh tentang hubungan mereka selain hal-hal kecil yang bisa dibilang tidak ada artinya sama sekali. Untuk sebuah anime romance, hampir tidak ada konflik berarti yang mempengaruhi alur cerita, sehingga sedikit rasa bosan akan timbul di tengah-tengah menonton anime ini. 'Love i Hard for Otaku' juga hanya menjadi basa-basi tak berarti doang gara-gara hal tersebut. Dan yang terakhir, endingnya sendiri cukup mengecewakan, tidak ada klimaks-klimaks-nya sama sekali gara-gara konflik yang nihil seperti apa yang kami sebutkan sebelumnya. Belum lagi akhirnya yang terasa tanggung dan menggantung, karena itulah sulit rasanya memberikan nilai yang lebih bagi 'Wotakoi' ini.

Characters

Butuh kelanjutan untuk hubungan mereka
Secara keseluruhan chemistry antar seluruh karakter-nya ini dapat banget. Dengan fokus yang tidak hanya terpusat pada dua karakter utama, cerita dari 'Wotakoi' sudah diatur sedemikian rupa sehingga hubungan para karakter-karakter pembantu-pun terlihat menarik, tak kalah dari hubungan Hirotaka Narumi itu sendiri. Namun yah andai saja, hubungan Hirotaka dan Narumi ini tidak dimulai sebagai sahabat masa kecil, namun benar-benar sebagai dua insan yang baru pertama bertemu, mungkin akan sedikit lebih menarik, mungkin juga 'Love is Hard for Otaku'-nya menjadi lebih dapat dari pada seperti ini.

Art

Favorite Chara.
Kita mulai dari segi desain karakter. Jika dilihat dengan sekilas, penampilan para karakternya yang shoujo manga banget tentu terlihat menarik. Bahkan, jarang-jarang admin temukan anime di mana desain karakter pria-nya terlihat lebih baik dibanding wanita, dan ya, itu terlihat di sini. Desain Hirotaka dan adiknya, Naoya mungkin yang terbaik menurut admin. Kou-chan pun begitu, dia yang terlihat seperti pria namun dengan memperhatikan sedikit lebih baik, aura feminis dari gadis ini akan tampak lebih jelas, bahkan pada adegan terntentu kita akan langsung notice bahwa dia adalah wanita. Dan yang disayangkan dari desain karakternya ini, adalah proporsionalnya yang tampak kurang. Ini tampak jelas pada sang heroine, Narumi, memang pada adegan dimana ia diperlihatkan jalan bersama-sama orang lain dirinya akan terlihat paling kecil, namun pada adegan yang hanya dirinya sendiri yang diperlihatkan, tingginya yang 154 cm itu terlihat cukup menjulang, tidak sependek itu, ia jadi tampak 160 cm lebih, yah ini ciri khas karakter shoujo manga sih yang panjang-panjang.

Background yang seadanya
Berikutnya, untuk animasi dan background, mungkin ini yang paling admin prihatinkan dari 'Wotakoi'. Dikarenakan desain karakternya terlalu kaku seperti apa yang kami sebutkan di atas, membuat pergerakan para karakternya juga ikutan kaku . Belum lagi ditambah dengan latarnya yang terlalu simpel dan sederhana, banyaknya ruang kosong di antara mereka terlihat jelas, mereka bahkan nampakanya kurang terlalu memperhatikan hal ini, dan lebih fokus kepada karakternya saja. Oleh karena itu, sulit rasanya memberikan nilai yang lebih untuk kualitas animasi yang terlalu B- ini

Sound

Hal menarik lain dari 'Wotakoi' adalah soundtracknya yang cukup nyaman di telinga. Apalagi konsep dari openingnya yang berjudul Fiction dari Sumika yang cukup unik (red: tiktok), sehingga sayang rasanya kalo dilewatin begitu saja, yah namun sayangnya untuk ending masih masuk kategori biasa bagi dmin. Untuk dubbing, ada sedikit yang mengganjal bagi admin, pergerakan mulut karakternya kadang kurang sinkron dengan apa yang ia ucapkan, bukan masalah besar memang karena fokus kita sebagai penonton asing lebih ke sub, namun tetap saja hal tersebut mengganggu.

Kesimpulan

Megumi-chan....
Dari semua komentar yang kami berikan tadi, intinya 'Wotakoi' adalah anime yang menarik dengan jalan cerita yang menghibur namun kualitasnya yang masih pas-pasan. Hal ini tidak dapat dipungkiri memang, seperti yang kami katakan di atas, kisah yang membuat kita senyum-senyum sendiri adalah bukti nyata bahwa ini adalah anime yang menarik. Belum lagi ditambah banyaknya cameo dari anime atau manga lain yang dimunculkan, dan hebatnya lagi jarang ada yang dari mereka ini diplesetkan, sebut saja Sailormoon, Dragonball serta beberapa anime kekinian yang figurnya dapat kita lihat muncul pada anime ini. Yap, untuk enjoyment, anime termasuk yang enjoyable, mungkin bagi kalian yang nontonnya akut, 11 episode ini tidak akan berasa, cukup satu hari mungkin kalian sudah menamatkan seluruh episode yang ada.

Baiklah, berikut penilaian admin untuk 'Wotaku ni Koi wa Muzukashii': Storyline (7.9), characters (7.8), art (7.2), sound (8.2) dan enjoyment (8.4). Dengan begitu, rata-rata yang diperolehnya adalah sebesar 7.9. Yap, dengan nilai sebesar ini, tentunya 'Wotakoi' menjadi salah satu anime yang admin rekomendasikan, maka bagi kalian yang belum download atau streaming, lakukanlah sekarang juga, karena salah satu anime terbaik Spring 2018 ini sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Wotaku ni Koi wa Muzukashii (7.9)

(Bekaa/280618)

Comments