[Anime Review] Nichijou - Pure Comedy

Foto: Funimation/ Kyoto Animation
Judul Alternatif: Nichijou - Keseharianku
Skor MAL: 8.52 (#95)
Perilisan: Musim Semi 2011
Penayangan: 3 Apr. - 25 Sep. 2011
Prekuel: Nichijou: Nichijou no 0-wa
Studio: Kyoto Animation
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Episode: 26 Episode (23 Men.)
Genre: Slice of Life, Comedy, School, Shounen.
Rating: R(13+) Remaja

Cerita pada anime ini akan berfokus pada kekonyolan tiga gadis SMA bersahabat -Naganohara Mio (Aizawa Mai), Aioi Yuuko (Honda Mariko) dan Minakami Mai (Togashi Misuzu)- dan juga kehidupan sehari-hari keluarga Shinonome -Hakase (Konno Kirumi), robot perawatnya yang tak mau dibilang robot, Nano (Furuya Shizuka) dan kucing peliharan mereka yang dapat berbicara, Sakamato (Shiraisi Minoru)- yang penuh warna. Seiring berjalannya waktu, kehidupan keenam orang ini serta orang-orang yang ada di sekitar mereka berlalu dengan bagaimana adanya, dengan berbagai bentuk kegilaan serta kekonyolan yang sangat tidak masuk akal. Mulai dari pengalaman menghabiskan waktu bersama-sama, perjalanan ke sekolah yang melelakan, digigit oleh burung gagak yang dapat berbicara hingga menonton kepala sekolah yang bertarung dengan seekor rusa. Yap, dan begitulah mereka semua bekerja menjalani kehidupan sehari-hari mereka yang luar biasa di 'Nichijou'.

Cerita dan Alur

'Hubungan kekeluargaan' para karakternya juga konyol pake banget
Seperti yang kami sebutkan pada judul review kali ini, Nichijou adalah sebuah anime pure comedy yang ceritanya terkadang ngeselin dan terkadang bikin haru serta selalu menghibur kita dari awal hingga akhir cerita. Meski terlihat simpel dan sederhana, anime yang penuh dengan unsur-unsur hiperbolik ini disajikan dengan begitu cerdas, bukan sekedar komedi kosong belaka. Hal ini terbukti dengan bagaimana mereka berhasil mengatur sedemikian rupa porsi keenam karakter utama pada ceritanya yang begitu pas sehingga tidak ada kesan yang hanya menonjolkan satu orang karakter saja. Dan bukan hanya itu, dengan menyisipkan berbagai kisah-kisah pendek dari para karakter pembantu seperti cerita para anggota Klub Sepak Bola Igo, kisah romansa Tachibana Misato (Horikawa Chika) yang tsundere akut serta perjuangan Nakamura Sensei (Mizuhara Kouru) dalam membongkar rahasia dibalik tubuh robot Nano juga adalah bukti dari luar biasanya kisah komedi 'Nichijou' ini.

Segmen-segmen kecil seperti ini juga tak kalah konyolnya dengan cerita inti
Belum berhenti sampai situ, kejeniusan cerita Nichijou terlihat lagi pada semua kisah-kisah tadi yang meski terlihat terpisah, namun hakikatnya semuanya ini terjalin dalam satu timeline yang saling berhubungan satu sama lain, terbukti pada beberapa bagian episode. Terakhir, hal lain yang menarik dari Nichijou adalah cerita-cerita kecil ringan yang disisipkan yang memberikan kita waktu sejenak untuk menenangkan diri dari tertawa, seperti segmen "Satu Kata untuk Satu Orang" yang berisikan kata-kata mutiara, "Halvetica Standar" -meski ini masih rada konyol sih- dan masih banyak lagi.

Penokohan Karakter

Tachibana Misato, karakter tsundere favorit admin sejauh ini.
Apa yang paling menarik dari karakter yang ada di 'Nichijou'? Bagi admin tidak lain adalah jumlah karakternya yang terbilang luas untuk ukuran 26 episode anime. Belum lagi semua karakter ini memiliki porsi masing-masing seperti apa yang telah kami sebutkan di atas. Bahkan untuk sifat-sifat merekapun ditampilkan semaksimal mungkin, seperti Tachibana Misato yang tsundere akut tadi, lalu ada Nakamura Sensei yang chuunibyou banget dan Nakanojou Tsuyoshi (Yamamoto Kazutomi) yang bertampang preman namum memiliki hati yang lembut serta masih banyak karakter lainnya.

"Eeeeeeeee........" -Haruna
Dan jangan yang dilupakan pula para seiyuu anime ini, mereka benar-benar memerankan karakter mereka dengan penuh penghayatan. Hingga berhasil membuat para karakter benar-benar hidup dengan kemampuan mereka. Salah satu yang admin favoritkan adalah Sadohara Kaori yang mengisi suara karakter Annaka Haruna, teman sekelas Yukoo dkk, setiap adegan yang memperlihatkan ekspresi kagetnya terliha benar-benar mantap, 'eeeeeee' 'eeeeeeeee'-nya berasa banget, memorable malah di ingatan ini.

Desain Karakter

Dilihat bagaimanapun, desain karakter pada anime 'Nichijou' memang tampak sederhana dan seadanya saja. Bahkan hampir semua karakter terlihat sama persis jika tidak dipisahkan satu dua hal yang menjadi karakterisitik mereka. Meski begitu yang menarik bagi admin adalah mereka tetap meperlihatkan ciri khas dari studio yang meproduksi anime ini, Kyoto Animation pada mata para mereka yang terlihat indah seperti pada anime-anime KyoAni yang lain.

Kualitas Animasi

Sebelum membandingkan dengan anime-anime yang lain, mari kita perhatikan dulu bahwa 'Nichijou' dibuat memang bukan untuk menonjolkan grafis yang menakjubkan, karena hal tersebut tidak terlalu dibutuhkan bagi anime dengan genre seperti ini. Cukup dengan grafis yang sederhananya ini justru mampu membantu meningkatkan kualitas cerita dengan berbagai efek hipobolik (red: tembakan laser dan ledakan) tadi yang terasa begitu wah dan cocok dengan gaya animasinya yang begini.

Namun ada beberapa bagian yang tetap memperlihatkan kualitas animasi yang mumpuni dari KyoAni loh

Sound


Selain kualitas animasi yang begitu dimaksimalkan dengan gaya grafis seperti itu, kualitas dari sound editing anime ini juga menjadi pertimbangan lain yang membantu meningkatkan kualitasnya. Penempatan sound effect-nya juga begitu pas sehingga menghasilkan animasi yang sempurna. Selain itu untuk soundtrack anime ini sendiri sangat enak untuk didengar, dan yang unik ada pada ending cour keduanya yang selalu berganti-ganti tiap episodenya. Jangan lupa Narator pada setiap ending juga yang selalu berbeda-beda hampair tiap episodenya. Oh iya, sedikit funfact, untuk kedua opening Nichijou yang dibawakan oleh Hyadain, baik suara laki-laki atau perempuannya itu semua suara milik si Hyadain.

Kesimpulan

Langsung saja ke penilaian kami untuk anime ini: Cerita dan alur (8.9), penokohan karakter (9.2), desain karakter (7.7), kualitas animasi (8.6) dan sound (8.8). Dengan begitu rata-rata untuk 'Nichijou' adalah sebesar 8.6. Maka dari itu, bagi kalian yang belum menontonnya maka anime ini wajib masuk ke dalam list tontonan kalian. Karena dengan komedi sehat ala Nichijou perut kalian akan terkocok dengan segala macam aksi konyol Yuuko dan kawan kawan.

Nichijou (8.6)
⭐⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/170718)

Comments