[Short Review] Hanasaku Iroha: Home Sweet Home - Kenapa Harus Side Story, Bukan Sequel?

Foto: NIS America, Inc./ P.A. Works
Skor IMDb: 7.2/10
Skor MAL: 7.96 (#600)
Penayangan: 6 Maret 2013 (Jpn)
Parent Story: Hanasaku Iroha
Sutradara: Ando Masahiro
Studio: P.A. Works
Jenis: Movie
Adaptasi: Original
Durasi: 1 Jam 6 Men.
Genre: Slice of LifeDrama, Comedy.
Rating: R(13+) Remaja

Di suatu hari, di saat Ohana (Itou Kanae) yang kini sudah terbiasa hidup di Penginapan Kissui yang dikelola oleh neneknya, ia mendapatkan tugas yang cukup berat, yakni menjadi pembimbing bagi seorang pelayan baru yang akan magang di penginapan mereka. Pelayan baru yang tak lain adalah temannya sendiri, Wakura Yuina (Tomatsu Haruka) yang juga salah seorang putri pewaris sebuah penginapan yang menjadi saingan penginapan Kissui. Ia datang magang ke penginapan Kissui atas perintah langsung dari neneknya agar lebih memahami bagaimana adat istiadat pada penginapan-penginapan yang lain. Saat Ohana mengamati pelatihannya, dia menemukan "barang tertentu" di gudang saat sedang bersih-bersih yang akan membuka tabir yang selama ini menutupi kehidupan keluarga Shijima (keluarga Ohana dari ibunya).


Review Singkat

Agak kecewa sebenarnya dengan film ini, karena apa yang kami ekpektassikan ataupun sebagian penggemar anime 'Hanasaku Iroha' lainnya tidak terbayarkan dengan kehadirannya ini. Kenapa? Karena sudah jelas, cerita yang mereka berikan ini bukan sekuel dari seri-nya, tetapi side story yang rasanya seperti filler yang agak kurang bermakna. Padahal potensi cerita sangatlah besar jika mereka menjadikan ini sekuel dari seri-nya, dimana ketika semua penghuni Penginapan Kissui kembali lagi berkumpul sejak sekian lama untuk menghidupkan kembali penginapan ini. Namun jika mengesampingkan hal ini, cerita yang diberikan terbilang cukup menarik dan masih dapat untuk dinikmati.

Dan tentunya, mengingat ini adalah anime movie, maka sudah dapat dipasstikan kualitas gambar, editing suara semakin baik dan bagus, bahkan pada beberapa adegan terlihat jelas detailnya meningkat pesan saking bagusnya kualitas animasi dan sound-nya. Kembali ke cerita, beberapa detail kecil yang diselipkan di dalamnya serta penggalian karakter Nako dengan kisah yang cukup baik dan agak menyentuh menambah kelebihan film ini. Oh iya, ada suatu hal yang membuat kami sedikit penasaran adalah ketika Satsuki, ibunya Ohana yang sedang menelepon seseorang yang ia panggil dengan sebutan nii-san (abang), siapakah dia? Apakah orang yang sama yang pernah bekerja dengan ayah Ohana atau siapa...

Kesimpulan

Berikut penilaian kami untuk 'Hanasaku Iroha: Home Sweet Home': Cerita dan alur (6.8), penokohan karakter (7.5), desain karakter (8.1), kualitas animasi (8.2), dan sound (8.5). Dengan begini rata-rata yang didapatkannya adalah sebesar 7.8. Maka, tidak ada salahnya untuk menontonnya, selain durasi yang tak terlalu lama, ceritanya yah berhasil mengobati bagi kita yang masih haus akan kisah perjalanan Ohana. Kami rekomendasikan!

Hanasaku Iroha: Home Sweet Home (7.8)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/110618)

Comments