[Anime Review] Ballroom e Youkoso - Anime Sport Non-Mainstream dengan Grafik Haikyuu!! Wanna be

Foto: Production I.G, Ponycan USA
Skor MAL: 8.36
Rangking: #190
Anifanscore: 55% (87/158)
Penayangan: Musim Semi 2017 (9 Jul - 17 Des '17)
Studio: Production I.G
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 24 Episode (24 Men.)
Genre: Sports, Comedy, Drama, Romance, School, Shounen
Rating: R(13+) Remaja

Rangking: Fujita Tatara (Tsuciya Shinba) merupakan seorang remaja yang tak lama lagi akan menyelesaikan masa sekolahnya  di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Namun tidak seperti remaja lainnya di usia yang mana banyak melakukan dan mencoba berbagai hal demi mencari jatidiri mereka, tidak halnya dengan Tatara, di akhir masa sekolahnya ini-pun ia masih belum memiliki apa yang menjadi tujuannya ataupun hobi yang ia miliki. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan Sengoku Kaname (Morikawa Toshiyuki) seorang atlet dansa profesional yang akhirnya mengenalkannya dengan dunia Dancesport.




Akhirnya iapun bergabung dengan studio dansa yang di kelola oleh Sengoku tadi, Studio Dansa Osegawa, yang mana disana ia menemukan teman satu sekolahnya Hanaoka Shizuku (Sakura Ayane) yang sebelumnya pernah ia temukan di ruang guru sekolah mereka karena mengalami masalah yang serupa dengannya. Namun apa yang dipikirkan olehnya adalah salah, karena Shizuku sendiri meskipun masih termasuk amatir namun ia merupakan salah satu yang terhebat di kelasnya dalam berdansa. Dengan melihat Hanaoka Shizuku inilah yang awalnya Tatara masih bimbang akan pilihannya dalam seni dansa menjadi cukup yakin untuk terus mendalaminya hingga ia berhasil menjadi salah satu pedansa profesional yang ada di Jepang seperti Sengoku Kaname tadi.

Pada awalnya Tatara tidak terlihat begitu piawai ataupun memilki bakat dalam berdansa, hingga pada suatu saat Sengoku melihat Tatara melakukan sesuatu yang tidaklah biasa, ia melihat bahwa Tatara yang payah ini memiliki potensi yang cukup berbeda dengan orang lain dalam hal berdansa. Dengan usaha yang tak kenal lelah serta dengan bimbingan dari para pelatih yang ada di Studio Dansa Osegawa khususnya Sengoku, Tatara mulai menapaki dirinya dalam dunia dansa, dengan mengikuti turnamen demi turnamen, dan rival yang selalu bermunculan tiada henti, Tatara terus berkembang hingga kelak ia berada dalam jajaran salah satu pedansa profesional yang akan membawa revolusi bagi dunia dansa Jepang.
"Jika kamu sedang bersama orang yang tak kamu pahami dan kamu sadar bahwa kamu tidak dapat memahaminya, bukankah itu akan menjadi sesuatu yang berharga bagimu dan dengan begitu kamu akan bersyukur sekali dia tercipta untukmu 'kan?"
-Sengoku Kaname

Kelebihan:

Termasuk kedalam 150 besar anime terbaik dalam situs MyAnimeList bukanlah sebuah bualan belaka, karena Ballrom e Youkoso ini berhasil membawa cerita yang cukup mengesankan bagi para penikmat anime yang ada di seluruh dunia, baik dari segi cerita, karakter yang ada di dalamnya serta animasi yang sangat keren menjadi daya tarik yang khas pada anime ini. Dengan dua Cour penayangan dimiliki, anime ini berhasil menggunakannya dengan sangat baik seperti ceritanya yang terus mengalir tanpa memberikan rasa bosan kepada penonton. 

Selain itu perluasaan cerita dari masing-masing karakter yang ada di dalamnya juga termasuk kelebihan yang ia miliki, di sini kita akan disuguhkan bagaimana latar belakang masing-masing karakter yang terlibat hingga ini memberikan penilaian tersendiri bagi para penonton untuk mengetahui karakterisistik dari setiap karakter yang ada. Selain itu untuk pemanfaatan cour tadi, anime ini berhasil menggunaknnya dengan salah satu caranya yakni memperkenalkan karakter-karakter baru yang lebih segar namun adanya mereka bukanlah untuk menutupi karakter-karakter yang sudah muncul pada cour sebelumnya, melainkan dengan adanya mereka berhasil memperkuat karakter yang telah ada terlebih dahulu.

Untuk karakter utama sendiri, anime ini berhasil memperkenalkan karakternya dengan baik. Kesan Zero to Hero yang biasanya ditampilkan dalam anime-anime kebanyakan berhasil disuguhkan dengan apik dalam anime ini tanpa adanya ada unsur terlalu melebih-lebihkan dalam ceritanya. 

Animasinya sendiri, jika kita lihat seksama, cukup mirip dengan anime sport lainnya yakni Haikyuu!!. Namun bukanlah sesuatu kekurangan, kualitas yang ia miliki dengan sangatlah keren dan berkesan bagi penonton. Unsur moe yang cukup sering kita lihat pada anime kebanyakan dewasa ini tidaklah muncul dalam anime ini, karena gaya animasi yang ia miliki memiliki aura tersendiri, darinya yang terpancara adalah kesan elegan yang sangat cocok jika disandingkan dengan genre anime ini sendiri.

Kekurangan:

Anime dengan cerita olahraga dansa memanglah sangat jarang kita temui, dengan semua kelebihan tadi Ballroom e Youkoso bukanlah berarti anime ini tidak memiliki kekurangan. Dengan tema dansa yang ia bawa, anime ini sendiri belumlah terlalu berhasil membawa unsur tersebut dengan baik dalam penyajiannya. Dalam anime ini kita akan sedikit menjumpai dansa yang sesungguhnya, karena ia lebih banyak menampilkan adegan-adegan tentang berbagai teori-teori dalam berdansa dibandingkan adegan sang karakter melakukan dansa sendiri. Yang ditampilkan hanyalah potongan-potongan dalan tarian tersebut hingga ini agak memberikan efek yang kurang memuaskan. Terakhir, ada sedikit adegan yang menampilkan shoujo ai yang pada sebagian orang akan merasa cukup terganggu akan hal ini, meski ada sebagian yang lain berkata tidaklah demikian.

Kesimpulan:

Dengan cerita yang menghibur dan karakter-karakter yang keren baik dari segi animasi dan latar belakangnya patutlah anime ini menjadi salah satu anime terbaik pada tahun 2017 yang lalu. Berikut kesimpulan penilaian admin mengenai Ballroom e Youkoso: cerita dan alur (8.0), penokohan karakter (8.7), kualitas animasi (8.4) dengan begitu rata-ratanya ialah 8.3 sangatlah layak dan direkomendasikan untuk menjadi tontonan pengisi waktu luang kalian semua.

Ballroom e Youkoso (8.3) 
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/100118)

Comments