[Anime Review] Inuyashiki - Drama Pembunuhan yang Cukup Mengocok-ngocok Emosi Penonton

foto: MAPPA
Skor MAL: 7.97
Rangking: #585
Anifanscore: 79% (318/401) - Menarik
Penayangan: Musim Gugur 2017 (13 Okt - 22 Des '17)
Studio: MAPPA
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 11 Episode (22 Men.)
Genre: Action, Drama, Psychological, Sci-Fi, Seinen
Rating: D(18+) Dewasa

Inuyashiki Ichirou (kohinata Fumiyou) seorang lansia berumur 58 tahun yang masa hidupnya kini mengalami keterpurukan, bagi orang di sekitarnya keberadaan dirinya sendiri sudahlah tidak terlalu dianggap, bahkan di keluarganyapun dirinya hanya dipandang sebelah mata oleh istri serta anak-anaknya. Hal ini bertambah sulit ketika ia mengetahui dari dokter yang memeriksa kondisi kesehatannya bahwa dirinya memiliki penyakit kanker yang sedikit demi sedikit akan merengut nyawanya dalam kurun waktu 3 bulan ke depan. Hingga akhirnya pada puncak frustasinya, pada malam hari di sebuah taman saat ia meluapkan semua emosi yang ia miliki tiba-tiba muncul sebuah sinar aneh yang akan membawanya ke dalam suatu hal yang lebih besar lagi di dalam hidupnya.


Terbangun pada keesokan harinya, ia mulai mencurigai ada sesuatu yang salah pada dirinya, hinga ketika ia berada di rumahnya, ia menemukan bahwa dirinya kini bukanlah Inuyashiki Ichirou lagi, ia kini adalah orang lain, sesuatu yang lain. Dan pada malam kejadian itu ada orang lain pula yang mengalami nasib serupa dengan dirinya, yaitu seorang pemuda berumur 17 tahun bernama Shishigami Hiro (Murakami Nijirou). Kejadian tersebut disebabkan oleh alien yang membawa kematian bagi mereka berdua dan didorong oleh rasa bersalah mereka dihidupkan kembali dengan sisa-sisa bahan senjata yang ada di dalam kapal milik alien tadi yang mana senjata ini memiliki kekuatan yang cukup untuk menghancurkan bumi.

Dengan kekuatan sebesar itu, Inuyashiki Ichirou mulai menggunakan kekuatannya untuk sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan melakukan hal tersebut ia mulai merasakan arti dari hidupnya selama ini, ia merasa lebih menjadi manusia dengan menyelamatkan orang lain yang sedang mengalami kesusahan. Namun berbeda dengan Shishigami Hiro, ia yang merupakan seorang otaku manga dan seorang remaja yang baru mulai mencari jatidirinya menapaki jalan yang berbeda. Memiliki pengalaman melihat kecelakaan di depan matanya sendiri membuat dirinya tersadar apa yang membuatnya merasa hidup. Setiap pekannya ia selalu memasuki rumah yang berbeda secara acak untuk membunuh seluruh anggota keluarga di rumah tersebut, tidak butuh waktu lama iapun menjadi salah seorang kriminal yang paling dicari di wilayahnya. Dan kian hari, kejahatan yang ia lakukan semakin besar hingga menjadikannya momok yang paling menakutkan di Jepang karena pembunuhan massal yang telah ia lakukan dan iapun menyatakan diri menjadi musuh nomor 1 bagi seluruh warga jepang, namun tidak sedikit orang yang menganggapnya sebagai dewa karena kemampuan yang ia miliki ini.


Perbedaan prinsip antara Inuyashiki Icihirou dengan Shishigami Hiro membawa mereka pada konflik yang cukup menegangkan. Hingga akhirnya salah satu diantara merekapun kalah dan harus menerima kenyataan bahwa prinsip yang ia miliki adalah sepenuhnya salah.

Kelebihan:

Kelebihan yang paling menonjol dalam seri ini adalah drama psikologi yang cukup kuat, kita akan dibawa dalam kuatnya cerita yang disampaikan, emosi akan sedikit teraduk dengan ceirta maupun pendalam karakter yang ada. Kita akan merasa simpati dengan apa yang di alami kakek Inuyashiki dan tidak menutup kemungkinan kita juga akan terbawa emosi akan hal yang di alami selama menjadi sosiopat. Karakter Shishigami sendiri memiliki karakteristik sendiri, terkadang kita akan merasa sangat benci akan keberadaannya namun terkadang kita simpati akan apa yang ia rasakan pada dirinya. Hubungan antar karakter yang cukup menggugah ceritapun menambah bumbu manis pada cerita anime ini.

Selain dalam unsur cerita, anime ini membawa banyak sekali trivia-trivia kecil namun menarik untuk disimak. Seperti karakter Shishigami yang merupakan OPLover terlebih lagi karakter Nami pada manga tersebut. Banyak pula hal-hal kecil yang berkaitan dengan anime-anime lain ataupun manga lain yang terselip pada beberapa adegan dalam anime ini. Band pelantun soundtrack untuk opening dan ending anime ini sendiripun tak ketinggalan ditampilkan pada sebuah adegan di anime ini.

Kekurangan:

Sebenarnya tidak ada kekurangan yang berarti dalam anime ini, namun gaya animasi yang digunakan bagi sebagian orang agak kurang memuaskan. Karena bagi sebagian orang gaya ini agak kurang enak dipandang. Namun dengan cerita yang dibawakan gaya animasi ini terasa cukup untuknya. Desain karakterpun mungkin agak sedikit kurang nyaman dilihat, dan lagi karena yang lebih ditonjolkan adalah ceritanya maka desain karakter ini menjadi ciri khas tersendiri bagi anime ini.

Kesimpulan:

Dengan jalan cerita yang memukau, sangat cocoklah Inuyashiki menjadi salah satu anime terbaik di musim gugur 2017 yang lalu. Banyak keunggulan yang ia miliki dan jarang kita temui di anime-anime lain. dengan tokoh utama yang merupakan seorang lansia-pun menjadi sebuah gebarakan anti-mainstream bagi anime ini di saat banyaknya anime sekarang lebih mengedepankan karakter utama seorang remaja yang ditambah dengan unsur moe padanya. Berikut penilaian admin untuk Inuyashiki: cerita dan alur (9.4), penokohan karakter (8.9), kualitas animasi (7.9) dengan niali yang cukup besar ini maka rata-ratanya yang didapatkannya ialah 8.7 dan menjadikannya salah satu dari anime yang paling layak dan direkomendasikan untuk ditonton, dan pastinya jika umur kalian masih dibawah 18 tahun jangan dulu mencobanya, lebih baik cari anime lain untu ditonton.

Inuyashiki (8.7) 
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/110118)

Comments