[Anime Review] Sakura Quest - Anime Ringan dengan Kualitas yang Berbobot

foto: P.A. Works
Skor MAL: 7.46
Rangking: #1686
Anifanscore: 70% (105/150)
Penayangan: Musim Semi 2017 (6 Apr - 21 Sep '17)
Studio: P.A. Works
Adaptasi: Original
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 25 Episode
Genre: Slife of Life, Comedy

Sebuah anime ringan yang menceritakan tentang kehidupan seorang gadis, Koharu Yoshino yang baru saja lulus kuliah dan harus menghadapi kenyataan pahit dalam mencari kerja di kota metropolitan Tokyo. Setelah ditolak dari 30 perusahaan ia dihubungi dari sebuah agensi model yang pernah bekerja sama dengannya untuk bekerja paruh waktu sebagai ratu di sebuah kota kecil bernama Manoyama. Namun, apa yang dianggapnya hanyalah pekerjaan sehari tersebut adalah pekerjaan yang harus dilakukannya selama setahun penuh sebagai Ratu dari Kerajaan Chupakabura, kerajaan fiktif yang terletak di kota tersebut.


Kota Manoyama merupakan kota kecil di daerah pegunungan dan juga merupakan kota agrikultural dengan hasil bumi mereka yang melimpah khususnya kabura atau turnip. Namun, kehidupan yang tampak di kota ini sangatlah sepi, meski memiliki banyak potensi pariwisata namun yang mengunjunginya sangatlah minim. Disinalah tugas Yoshino sebagai ratu untuk menghidupkan kembali apa yang telah lama hilang dari kota ini, dan menghidupkan kembali segala sesuatu yang ada di dalamnya dengan dibantu empat orang duta atau menteri-menterinya, Shinomiya Shiori, Oribe Ririko, Kouzuki Sanae dan Midori kawa Maki.

"Tunjukkanlah kebodohanmu, kenekatanmu, dan kepolosanmu selagi kamu bisa!" 
-Yoshino Koharu

Di awal cerita, anime ini terkesan cukup lambat, namun hal ini memang lah wajar dan sesuai untuk cerita yang disajikan. Meski begitu, Sakura Quest memiliki cerita yang cukup dalam dan mudah untuk dinikmati. Tokoh-tokoh yang terdapat di dalamnya seluruhnya digunakan dengan sangat baik, hampir tidak ada tokoh yang  terkesan sia-sia, karena segala cerita yang terjadi dalam anime ini selalu berkaitan dengan orang-orang yang ada di Kota kecil Manoyama ini, cerita yang cukup kuatpun antar karakterpun menjadi nilai tambah bagi anime ini.

Selain itu yang menjadi daya tarik pada anime ini adalah referensi-referensi menganai UMA (Unidentified Mysterious Animal) atau makhluk-makhluk kriptozoologi dalam ceritanya ataupun judul episodenya seperti Cupacabra, Pixie, Yggdrasil, Naga dan lain-lain. 

Jika dilihat lebih dalam, anime ini akan terlihat cukup manusiawi jika dibandingkan dengan anime-anime kebanyakan. Contoh kecilnya adalah detail pakaian yang dikenakan karakter-karakternya selalu berbeda menyesuaikan adegan hingga gaya rambut tokohnya pun memiliki penyesuaian yang menarik dalam adegannya.

Meski memiliki beberapa keunggulan pada beberapa hal, namun dari segi genre serta cerita yang disajikan tidaklah mudah untuk menarik minat para penonton awam. Hal ini terkadang membuat rasa bosan pada sebagian orang untuk menontonnya. Namun tidaklah salah untuk mencoba, karena secara garis besar anime ini cukup menarik.

Berikut penilai admin mengenai Sakura Quest: Cerita dan alur (8.5), penokohan karakter (8.0), kualitas animasi (8.4) dengan rata-rata ialah 8.3 sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Sakura Quest (8.3)
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/040118)

Comments