[Anime Review] Blend S - Serial Komedi Ringan Terbaik Di Penutup Tahun 2017

Foto: A-1 Pictures/ Aniplex USA
Skor MAL: 7.64
Rangking: #1223
Anifanscore: 80% (187/233) - Menarik
Perilisan: Fall 2017
Penayangan: 8 Okt - 24 Des 2017
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: 4-koma Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (23 Men.)
Genre: Slice of Life, Comedy.
Rating: R(13+) Remaja

Menceritakan tentang seorang gadis SMA bernama Sakuranomiya Maika (Waki Azumi) yang memiliki mimpi untuk melanjutkan sekolahnya setelah lulus ke luar negeri, dan untuk menggapai impiannya tersebut dia-pun berencana untuk bekerja paruh waktu agar dapat menabungkan penghasilannya tersebut. Dari sinilah masalah untuknya mulai datang, karena memiliki senyuman yang begitu menyeramkan hingga membuatnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.


Hingga suatu saat ia ditemukan oleh seorang pria keturunan Italia yang mengajaknya untuk bergabung dengan café Stile yang ia kelola. Di café ini setiap pelayannya memiliki keunikan tersendiri, mereka akan berperan sesuai dengan karakter yang telah ditentukan sebelumnya yang sesuai dengan dirinya. Sebelum Maika sudah terdapat dua orang pelayan di café ini yang masing-masing memainkan peran sebagai tsundere, Hinata Kaho (Kito Akari) dan adik perempuan, Hoshikawa Mafuyu (Hoshikawa Mafuyu). Dengan senyum yang ia miliki, Maika sendiri dengan mudahnya mendapatkan peran sebagai seorang sadistis karena senyum dan karakter yang dimilikinya. Mulailah kehidupan Maika yang semakin hari semakin penuh warna bersama teman-temannya di Stile.

Kelebihan:

Sangat menghibur, lucu, menggemaskan dan menarik untuk ditonton. Sebagai anime dengan cerita yang ringan Blend S berhasil menjadi yang terbaik, karena berhasil membangun cerita dengan menggunakan setiap karakter yang ada tanpa harus hanya menonjolkan kelebihan sang karakter utama. Selain itu unsur komedi yang dimiliki oleh anime ini terasa sangat pas, kita akan selalu terhibur dari awal hingga akhir cerita.

Desain karakter pada seri ini sangat menarik, karakter Maika yang merupakan gadis manis dengan senyuman menyeramkan terasa sangatlah menggemaskan, serta karakter-karakter lain-pun berhasil digambarkan dengan baik. Meski staff yang mengerjai anime ini dapat dikatakan sangatlah sedikit, tetapi mereka berhasil memadukan segala unsur yang diperlukan dalam anime ini sehingga penonton merasa terhibur akan segala yang ada padanya.

Dan yang paling menghibur dari anime ini pastinya adalah soundtrack yang disajikan, bahkan dapat dikatakan opening-nya merupakan yang paling berkesan pada musim gugur 2017 bukan?

Kekurangan:

Kekurangan yang paling mendasar dari Blend S adalah seperti anime dengan genra  slice of life kebanyakan yaitu cerita yang kurang dalam dan tidak memiliki dasar yang kuat, sehingga tidak banyak konflik yang berarti serta klimaks yang merupakan unsur penting pada sebuah cerita. Hal ini memang dapat diwajarkan, mengingat anime ini sendiri merupakan anime ringan yang memang tidak terlalu memerlukan hal-hal tersebut pada ceritanya.

Desain karakter yang menarik-pun tidak menjamin anime ini memiliki kualitas animasi yang menjanjikan. Latar yang ada belum-lah digambarkan dengan sempurna, sehingga hanya terkesan setengah-setengah dapat hanya berfokus pada karakter-karakter yang ada saja, bahkan karakter figuran yang muncul-pun belum bisa dikatakan baik.

Kesimpulan:

Secara garis besar, Blend S merupakan anime yang cukup baik, kekurangan-kekurangan yang ada dapat tertutupi sehingga kita tidak akan merasa risih ataupun terganggu dengannya. Latar yang belum sempurna serta karakter figuran yang digambarkan ala kadarnya memberikan kelebihan tersendiri dengan menonjolkan karakter utama yang memang merupakan fokus utama dari cerita. Dan berikut penilaian admin pribadi mengenai Blend SCerita dan alur (8.0), penokohan karakter (7.0), desain karakter (8.2), kualitas animasi (6.8) dan sound (8.0). Dengan begitu nilai rata-rata untuk anime ini adalah 7.6 sehingga anime ini termasuk salah satu anime yang layak dan sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Blend S (7.6) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/290118) 

Comments