[Anime Review] Himōto! Umaru-chan R - Si Adik Kembali Berulah dengan Cerita yang Lebih Segar

foto: Sentai Filmworks
Skor MAL: 7.51
Rangking: #1575
Anifanscore: 72% (114/159)
Penayangan: Musim Gugur 2017 (8 Okt - 24 Des '17)
Studio: Doga Kobo
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode
Genre: Slife of Life, Comedy, School, Seinen


Merupakan musim kedua dari seri Himōto! Umaru-chan yang menceritakan tentang kehidupan sehari-sehari sang tokoh utama Doma Umaru bersama sang kakak Doma Taihei. Doma Umaru merupakan seorang gadis SMA yang memiliki kepribadian yang mengagumkan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya, baik laki-laki maupun perempuan. Namun bagi kakaknya Taihei, Umaru tidaklah seperti itu, karena apa yang orang-orang lihat di luar berbeda dengan apa yang dilihat oleh kakaknya di rumah. Umaru yang bagaikan Perfect Girl bagi orang-orang tidak bagi kakaknya, baginya Umaru adalah adik yang pemalas, egois dan menyebalkan, meskipun begitu kasih sayang Taihei tidaklah memudar terhadap adiknya ini.



Pada musim kedua ini kita akan diperlihatkan hubungan kakak - adik antara Taihei dan Umaru yang lebih erat dibanding pada musim sebelumnya. Dengan cerita yang lebih menarik dan dikemas dengan humor-humar yang menyegarkan membuat kita betah dan ingin terus melanjutkan tontonan ke episode selanjutnya.

Disini juga banyak terhadap hal-hal baru yang mana pada musim sebelumnya belumlah tergali lebih jauh. Seperti kakaknya Umaru, Taihei yang mana mendapatkan cerita yang lebih dari sebelumnya. Di sini kita mulai diperlihatkan masalah asmara antara Taihei dengan tokoh yang lain, meskipun ini memang agak terkesan 'memaksa'. Taihei bukanlah tipe pria yang peka, namun disini kita diperlihatkan bagaimana akhirnya Taihei bisa memahami sifat asli Ebina Nana yang membuat Ebina sendiri salah tingkah. Perasaan Ebinapun pada musim ini diperlihatkan makin tumbuh, ditambahlagi Motoba Kirie yang cukup peka mengenai perasaan Ebina memberikan dukungan penuh terhadap hubungan Ebina dengan Taihei, hal ini dilakukannya setelah mendapatkan wejangan dari gurunya Komarun (alter ego Umaru).
"Kamu harus percaya dengan yang kamu percaya!"
-Doma Umaru
Selain Ebina Nana, diperlihatkan pula bahwa bosnya Taihei di Diamond Company Kongou Kanau-pun memiliki hati terhadapnya. Selain mengenai perasaannya terhadap Taihei, dipekenalkan pula seorang tokoh baru dalam seri ini yakni Kongou Hikari, adik dari Kanau. Dia merupakan gadis kecil berambut putih yang memiliki sifat pemalu dan agak menyebalkan, ia bersekolah di sekolah yang sama dengan Umaru namun ia adalah murid kelas khusus berbeda dengan umaru yang reguler. Hikari juga mempunyai hubungan spesial bersama Taihei, sepuluh tahun lalu saat kakaknya masih SMA Taihei pernah mengajarkannya tentang nama-nama bintang hingga membuat Hikari merasakan suatu ikatan spesial terhadap Taihei. Karena hal ini pula Umaru merasa tersaingi oleh Hikari, karena kakaknya yang ia cintai dicantai pula oleh orang lain dan menganggapnya seperti kakaknya sendiri. Persaingan antara mereka berdua inipun menambah bumbu cerita yang menyenangkan bagi para penonton. Dan ada sedikit easter egg, pada episode ketiga kita diperlihatkan Umaru memainkan sebuah game yang mana ada seorang tokoh di dalamnya yang bernama Hikari-chan yang disuarai oleh Hikaru Kongo, entah ini mereka orang yang sama atau tidak.

Selain karakter baru,karakter-karakter yang sudah ada pada musim sebelumnyapun kisahnya digali lebih dalam pada musim kedua ini. Dengan mulai diperlihaykannya persahabatan empat serangkai antara Doma Umaru, Ebina Nana, Motoba Kirie dan Tachibana Sylphinford sedikit demi sedikit latar belakang sahabat-sahabat Umaru ini mulai terkuak. Mulai dari kakak laki-lakinya Ebina Nana, Ebina Kouichirou yang selama ini dicari olehnya selama ia di Tokyo, serta Kirie yang dulunya adalah gadis yang lembut dan baik terhadap kakaknya Bomba. Diperlihatkan pula bagaimana Kirie muali mengasah bakat yang ia miliki bahkan bercita-cita untuk menjadi seorang penulis buku cerita yang akan mengangkat kisah mengenai gurunya Umaru, dan ada sebuah adegan dimana Kirie mulai menyadari bahwa gurunya itu adalah Doma Umaru yang ia kenal sebagai perempuan yang anggun. Untuk Sylphi, diperlihatkan masa lalunya bagaimana ia bisa bersekolah di Jepang dan bagaimana sifat penantangnya ini muncul pada musim kedua ini. Motivasi terbesarnya untuk ke Jepang tak lain adalah kakaknya sendiri Tachibana Alex yang sudah pergi mendahuluiya, sedangkan Alex sendiri termotivasi oleh Kongou Kanau untuk pergi bersekolah di Jepang. Diperlihatkan pula bagaimana Alex mulai berteman dengan Umaru beserta hobi-hobinya yang ternyata adalah seorang Otaku, dan bagaimana ia menjadi agen mata-mata bagi Kongou Hikari.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, dengan kisah yang lebih segar dan humor-humor yang lebih menarik membuat  Himōto! Umaru-chan R lebih baik dibandingkan pendahulunya. Kita akan terhibur dari awal hingga akhir episode musim ini dengan kelakuan si adik bengal ini dan kisah-kisahnya bersama sang kakak dan teman-temannya. Berikut penilain admin: Cerita dan alur (8.6), kualitas animasi (7.0), penokohan karakter (8.0) dengan rata-ratanya adalah 7.8 sehingga ini layak dan direkomendasikan untuk ditonton.

(Bekaa/010118)

Comments