[Anime Review] Death Note - Anime Lagenda dengan Cerita yang Begitu Sempurna

Foto: Madhouse

Skor MAL: 8.68
Rangking: #49
Anifanscore: 88% (284/324) - Terbaik!
Penayangan: Musim Gugur 2006 (4 Okt '06 - 27 Jun'07)
Studio: Madhouse
Adaptasi: Manga
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 37 Episode (23 Men.)
Genre: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller
Rating: D(18+) Dewasa

Menceritakan tentang Light Yagami (Miyano Mamoru) seorang pelajar cerdas dan terbaik se-jepang yang menemukan sebuah buku kematian (Death Note) di halaman sekolahnya. Sebuah buku yang mana apabila dituliskan padanya nama seseorang maka orang tersebut akan meninggal dengan syarat sang penulis harus membayangkan wajah orang yang ditulisnya di buku tersebut. Buku yang awalnya ia kira merupakan hasil kerjaan iseng seseorang ini, nyatanya tidaklah demikian. Ia menemukan bahwa buku itu adalah nyata setelah ia mencoba menuliskan nama seorang pelaku kriminal yang dilihatnya di televisi. Light yang merupakan seorang pemuda yang ambisius inipun terlena akan kekuatan yang dimiliki buku ini, dan dengannya ia berencana untuk membangun tatanan dunia baru dimana tidak ada lagi kejahatan dan ia menjadi satu-satunya dewa yang ada di dalamnya.



Buku ini sendiri awalnya adalah milik Shinigami Ryuk (Nakamura Shidou), salah satu dewa kematian yang sedang merasa bosan untuk terus tinggal di dunia Shinigami. Ia-pun menjatuhkan salah satu buku miliknya agar ia dapat pergi ke dunia manusia dan mengikuti orang yang telah mengambil dan menggunakan buku miliknya tersebut. Bagi kebanyakan Shinigami dunia manusia merupakan suatu tempat yang membosankan, namun tidak bagi Ryuk, setelah ia mengikuti Light Yagami ia menjadi tertarik dengan dunia manusia dan segala intrik dan permasalahan yang terjadi di dalamnya.

Dengan meningkatnya kasus kematian yang terjadi pada sebagian besar penjahat di dunia akibat kekuatan unik yang dimiliki oleh Light sekarang ini, tidak butuh waktu lama untuk para polisi sadar bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi. Untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang unik ini maka kepolisian internasional sepakat untuk meminta bantua keada salah satu detek tif swasta terbaik di dunia, yang mana belum ada seorangpun yang mengetahui bagaimana rupa asli detektif ini, yang dikenal dunia dengan nama L (Yamaguchi Kappei).

Dengan kecerdasan yang dimiliki olehnya, L dengan cepat menemukan lokasi dari sang pembunuh berantai misterius ini. Iapun menyatakan perang terbuka terhada Kira, sebutan sang pembunuh kriminal berantai dari sebagian besar orang yang memujanya. Dibalik nama besar dari dua orang ini, di dunia nyata Light Yagami orang di belakang Kira ini dan Lawliet "L" merupakan teman dekat sejak awal mereka masuk kuliah di universitas yang sama. L yang memang awalnya sudah menarh curiga terhadap Light memintanya untuk membantunya dalam penyelidikan terhadap kasus Kira ini dengan memberitahukannya bahwa ia merupakan L yang sesungughnya sebelumnya. Dengan begini perselisihan dan saingan antara dua orang pemuda cerdas inipun mulai masuk ke tahap yang lebih seru.
"Kamu tidak akan pernah menang jika hanya bertahan, untuk menang, kamu harus menyerang" Light Yagami "Kira"
[SPOILER ZONE]
Setelah melalui berbagai macam penyelidikan yang dilakukan oleh L bersama rekan-rekannya dan perselisihannya dengan Light Yagami yang ia curigai sebagai Kira, pada akhirnya ia harus menerima kenyataan akan kekalahannya terhadap Kira. Pada akhirnya ia harus bertekuk lutut terhadap kekuatan dari Death Note dan menerima kematiannya dengan tenang. Dengan kecerdasan yang dimiliki oleh Kira serta bantuan dari Misa Amane (Hirano Aya) yang juga dikenal sebagai Kira Kedua beserta Rem, shinigami yang mengikutinya Light berhasil lolos dari segala tuduhan yang dilemparkan oleh L terhadapnya.dan ia-pun menang telak atas dirinya. Dan lepas dari itu, dengan diyakinkan oleh partner-partnernya yang lain dalam penyelidikan Kira, iapun ditunjuk sebagai penerus dari L untuk terus melanjutkan penyelidikan terhadap kasus Kira tersebut, dan ia-pun memanfaatkannya demi keuntungan pribadi dalam mencapai tujuannya dalam mewujudkan tatanan dunia baru miliknya.

Namun ada hal yang tidak disangka oleh Kira, L ternyata memiliki penerus yang mana mereka juga dibesarkan di satu panti asuhan yang sama saat L dibesarkan dahulu. Sebuah tempat yang membesarkan anak-anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata orang kebanyakan. Dimulai lagilah persaingan antara Kira atau L kedua atau Light Yagami dengan penerus L, Mello dan Near yang mana kedua orang ini memiliki jalan tersendiri untuk mengungkap identitas sebenarnya dari siapa itu Kira. Apakah mereka mampu untuk mengungkap siapa orang dibalik Kira? Atau mereka harus bertekuk lutut akan kekalahan mereka terhadapnya seperti yang terjadi terhadap L? Maka tontonlah untuk menemukan jawabannya.

Kelebihan:

Sempurna, inilah yang menjadi kelebihanyang dimiliki Deayh Note jika dibandingkan dengan anime-anime lain. Sempurna disini ialah dalam segi cerita dan aluryang ditawarkan. Pada awal-awal cerita kita akan diperkenalkan secaraerata tentang latar belakang berbagai tokoh, lalu secara perlahan namun pasti intens cerita mulai meningkat, konflik yang terjadi antara berbagai tokoh frekuensinya semakin tinggi hingga kita dibawa kapada sebuah klimaks yang cukup menggetarkan keseuruhan cerita yang terjadi. Setelah mencapai puncaknya, cerita dari anime ini-pun mulai memasuki konklusi, seperti halnya pembuka cerita, penutup ceritanya-pun dilakukan dengan cara perlahan namun pasti hingga akhirnya sampai pada titik penghabisan dimana inti dari segala cerita yang terjadi di dalamannya bermula. Selain itu, jika dibandingkan dengan anime -anime lain yang keluar pada tahun yang sama, menjadikan kulaitas animasi Death Note salah satu yang terbaik di eranya. Detail yang diperlihatkan lumayan bagus dan cukup jelas untuk ditonton.

Kekurangan:

Tidak ada kekurangan yang berarti bagi anime Death Note ini. Dengan jumlah episode yang disajikan dan perbandingannya dengan keseluruhan cerita membuat anime ini nyaman untuk terus ditonton, dan membuat kita akan terus ingin melanjutkan ke episode-episode selanjutnya.

Kesimpulan:

Dengan berbagai kelebihannya tak ada alasan untuk tidak memasukkann Death Note dalam salah stau anime terbaik sepanjang masa. Di situs MyAnimeList sendiri, anime ini merupakan anime paling popoler dikalangan para penggemar dengan jumlah orang yang memfavoritkannya sekitar 1.346.625 orang dan akan terus bertambah sering berjalannya waktu. Berikut penilaian admin untuk Death Note: Cerita dan alur (9.6), penokohan karakter (8.6), kualitas animasi (8.2) dengan begini rata-rata yang dimiliki oleh anime ini adalah 8.8 sehingga sangat disayangkan apabila kalian belum sempat menontonnya, oleh karena itu anime ini wajib wasuk ke dalam playlist kalian.

Death Note (8.8) 
⭐⭐⭐⭐

(Bekaa/180118)

Comments