[Anime Review] Hai to Gensou no Grimgar: Cerita Santai Namun Penuh Pendalaman, Berbeda Dengan Anime Isekai yang Lain

Foto: Funimation, A-1 Pictures
Judul Alternatif: Grimgar: Ashes and Illusions; Grimgar: Abu dan Ilusi.
Skor MAL: 7.83 (#818)
Anifanscore: 82% (264/323) - Menarik
Perilisan: Musim Dingin 2016
Penayangan: 11 Jan - 28 Mar 2016
Side Story: Hai to Gensou no Grimgar Special
Studio: A-1 Pictures
Adaptasi: Light Novel
Jenis: Animasi TV
Jumlah Episode: 12 Episode (24 Men.)
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy.
Rating: R(13+) Remaja

Manato (Shimazaki Nabonaga), Haruhiro (Hosoya Yoshimasa), Ranta (Yoshino Hiroyuki), Moguzo (Ochiai Fukushi) dan Yume (Komatsu Mikako) serta Shihoru (Terui Huruka). Mereka, yang terlempar ke sebuah negeri asing dengan ingatan yang kabur akan tempat asal mereka bergabung dalam satu Party sebagai Calon Pasukan Relawan demi bertahan hidup. Bekerja sebagai penjaga perbatasaan kerajaan dari ancaman-ancaman berbagai ras yang akan merusak kedamaian di dunia baru mereka, Grimgar. Sebagai orang asing di negeri tersebut, tidak ada pekerjaan lain yang dapat mereka lakukan selain itu.


Namun dengan kemampuan yang mereka miliki saat ini, hari-hari yang mereka lalui sebagai Calon Pasukan Relawan sangatlah sulit. Ketakutan serta kemampuan yang dapat dikatakan sangatlah kurang menjadi beban mereka untuk terus bertahan di negeri tersebut. Berbagai hal ini dikarenakan mereka yang pecundang sudah tidak dapat tempat untuk bergabung bersama orang-orang yang kuat dan hanya menyisakan mereka.

Namun, meskipun segala kelemahan ini bukan berarti mereka akan menyerah. Dengan Manato sebagai pemimpin dan pendeta yang kharismatik, mereka -Haruhiro, Sang Pencuri; Ranta, Si Kesatria Kegelapan yang selalu berisik; Moguzo, seorang Kesatria yang baik hati; Yume, Pemburu Ceria; dan Shihoru, Penyihir Pemalu- kembali berjuang untuk mencapai impian mereka agar menjadi seorang Pejuang Relawan yang sebenarnya meskipun di depan mata mereka hanya ada satu hal yang pasti, membunuh atau dibunuh.
"Aku tahu bagaimana sakitnya kehilangan teman, itu karena aku sudah pernah merasakannya. Tapi tolong jangan lupakan rasa sakit itu! Teruslah melangkah kedepan sambil membawa rasa sakit itu! Hargailah teman-teman yang kalian miliki sekarang! Karena sekali mereka pergi, mereka takkan kembali lagi. Biasanya kalian takkan menyadarinya sebelum hal itu benar-benar terjadi."
-Shinohara (Takahashi Hiroki)

Kelebihan

Ketika hampir semua anime lain yang bertemakan isekai membuat cerita tentang tokoh utamanya memiliki kekuatan yang hebat ataupun kehidupan yang begitu menyenangkan di dunia lain, 'Hai to Gensou no Grimgar' membawa gebrakan yang berbeda. Tokoh-tokoh utama yang tidak memiliki kekuatan spesial, kehidupan yang dijalani begitu sulit serta perjuangan antara hidup dan mati yang begitu terasa menjadi nilai tersendiri untuk anime ini. Cerita yang cukup emosianal yang jika diperhatikan lebih dalam lagi, ini memiliki berbagai unsur-unsur pelajaran kehidupan yang dapat kita petik di dalamnya.

Membunuh atau dibunuh, membuat kita akan berpikir bagaimana jika kita yang berada di dalam posisi mereka, mungkin bisa jadi seperti itulah atau bahkan lebih buruk jadinya. Perjuangan untuk terus bertahan hidup meski harus membunuh orang lain tampak jelas dalam sebuah adegan di anime ini, sebuah keberhasilan yang jarang kita lihat di anime-anime lain. Meskipun terkesan serius, sebenarnya anime ini juga memiliki unsur komedi yang akan membuat gelak tawa kita keluar dengan sendirinya.

Keindahan pada kualitas animasinya membuat mata ini nyaman untuk terus menatap layar, sayang rasanya untuk melewatkan keindahan yang ditampilkannya. Tampak seperti lukisan, tidak banyak anime yang membawakan latar animasi seperti ini, menjadikannya ciri khas bagi anime ini sendiri. Detail pergerakan setiap karakter yang ada juga nampak serasi, meski belum sempurna, ditambah dengan efek suara yang dimilikinya, kekurangan ini tertutupi dengan begitu baik.

Terakhir, desain karakter, mungkin ini yang dinamakan desain anime yang kekinian, garis-garis yang lembut tidak begitu kaku, pakaian yang dikenakan meski sederhana namun tampak begitu keren. Nilai tambah baginya dengan segala kelebihan pada desain karakternya ini.

Kekurangan

Bagi admin pribadi, 'Hai to Gensou no Grimgar' berhasil masuk kedalam salah satu anime favorit bertemekan isekai. Namun jika dilihat lebih luas, tidak sedikit yang akan kecewa dengan jalan ceritanya. Tidak ada klimaks yang berarti, yang memiliki pertarungan yang mendebarkan dan hanya begitu-begitu saja terkesan membosankan untuk menontonnya. Terlebih, ini adalah sekelompok pecundang, yang tak memiliki kemapuan khusus serta kekuatan untuk mengalahkan musuh-musuh yang kuat menambah kebosanan tersebut. Lebih banyak kesan drama daripada aksi mebuat plotnya menjadi lambat dan hal ini merupakan sebuah kekecewaan tersendiri untuk 'Grimgar'.

Kesimpulan

Namun, kesan zero to hero dalam anime ini begitu terasa di anime. Mungkin bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu untuk menonton anime dengan cerita ringan namun memiliki makna yang begitu dalam, masukkanlah 'Hai to Gensou no Grimgar' ke dalam list kalian, tanpa harus melihat nilai dari kami terlebih dahulu, karena ini memang terasa pas untuk kelian.

Baiklah, berikut penilaian admin: Cerita dan alur (8.0), penokohan karakter (7.8), desain karakter (8.9), kualitas animasi (8.3) dan sound (8.0). Karena itu rata-ratanya adalah 8.2, seperti yang kami katakan tadi, anime ini direkomendasikan untuk ditonton sembari mengisi waktu luang kalian.

Hai to Gensou no Grimgar (8.2) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/230218) 

Comments

  1. coba min review j drama 1 lirtre no namida

    ReplyDelete
  2. J-Drama yak? Mungkin nanti, dipertimbangkan dlu

    ReplyDelete
  3. kira2 ada lanjutanya gk ya,soalnya emang blum klimax nonton biasa2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nggk ada, ini anime klo untuk estafet episode ngebosenin. Teralalu kedrama sehari-hari, kurang ada actionnya.

      Delete
    2. Kayaknya nggk ada, ini anime klo untuk estafet episode ngebosenin. Teralalu kedrama sehari-hari, kurang ada actionnya.

      Delete
    3. klo cuman sibikin 3 episode doank keknya bagus, tapi klo 12 episode alurnya lamban semua episode ya ngebosenin jadi banyak skip2xnya

      Delete

Post a Comment