[Movie Review] Baby Driver - Warna yang Berbeda dari Film Aksi Kebanyakan

Foto: TriStar Pictures/ Sony
Judul Alternatif: Baby Sang Pengemudi
Skor IMDB: 7.7/10
Audience Score: 86%
Penayangan: 30 Agustus 2017 (Indonesia)
Sutradara: Edgar Wright
Studio: TriStar Pictures
Durasi: 1j 52men.
Genre: Action, Crime, Music
Rating: D(18+) Dewasa

Baby (Ansel Elgort), seorang pemuda manis yang memiliki bakat luar biasa dalam hal mengemudi, ia bagaikan menyatu dengan mobilnya karena dapat melakukan berbagai manuver-manuver mengerikan sembari mendengarkan musik dari playlist-nya. Dan kemampuannya yang sangat menakjubkan ini sangat disayangkan karena dimanfaatkan oleh seorang Bos Kriminal, Doc (Kevin Spacey), yang mana ia merupakan otak dari berbagai perampokan di siang bolong yang sering terjadi di kotanya, setelah niat isengnya untuk bersenang-senang dengan mencuri mobil Doc dan membawanya pergi tanpa menyadari bahwa di dalam bagasi mobil tersebut terdapat 'sampah' yang begitu mahal. Oleh karena itu ia-pun dituntut menggunakan bakatnya tersebut untuk mengatur ekstraksi (pelarian) orang-orang suruhan Doc pasca perampokan dengan kemampuan mengemudi yang ia miliki hingga utang yang ia miliki terhadap Doc setelah tidak sengaja mengambil 'sampah' mahalnya itu terbayarkan.


Pada akhirnya apa yang ia lakukan tidaklah sia-sia, ia berhasil melunaskan segala utangnya terhadap Doc dan memulai kembali kehidupannya yang baru dimulai dengan mengantar Pizza. Selain itu Baby pun kini semakin dekat dengan Debora (Lily James) seorang gadis pirang yang ia kenal di restoran favoritnya.
"Semua orang ingin kebahagiaan tak ada yang ingin kesusahan, tapi kau tak bisa dapatkan pelangi tanpa sedikit hujan."
-Dolly Parton
Namun ternyata, hidup Baby belumlah sepenuhnya berubah, meski utang yang ia miliki telah lunas, bukan berarti pekerjaannya bersama Doc ikut berakhir. Iapun kini harus menerima kenyataan bahwa ia harus bekerjasama lagi dengan para kriminal suruhan Doc untuk menjalankan aksi perampokan selanjutnya. Masalah yang ia harus hadapi pun belum berakhir, setelah tindakan ceroboh yang dilakukan oleh Bats (Jamie Foxx) salah satu perampok suruhan Doc menyebabkan segala rencana yang sudah tersusun rapi kini hancur berantakan.

Dalam situasi yang sangat sulit seperti ini, Baby menyadari bahwa dirinya dan orang-orang yang dipedulikannya sedang dalam masalah yang serius. Oleh karena itu Baby-pun dituntut untuk mengerahkan segala keberanian, akal serta kemampuannya demi bertahan hidup dan terlepas dari berbagai masalah yang satu persatu mulai mendatanginya ini. Dan pastinya semuanya dihadapi dengan musik.
"I just can't believe your real name is Miles."
-Deborah

Kelebihan:

Sangat menghibur. Yap, Baby Driver adalah salah satu film aksi yang begitu menghibur bagi para penontonnya. Kenapa? Karena film ini berhasil memasukkan berbagai macam unsur mulai dari aksi, komedi, musik dan drama sekaligus. Dan yang paling menonjol dari film ini adalah aksi dibalut musik pastinya, hingga membuatnya berbeda dari berbagai film aksi kebanyakan. Dari awal hingga akhir film kita akan selalu saja disajikan dengan berbagai macam lagu yang menakjubkan, dan membuat kita tidak bosan untuk terus menontonnya, ditambah lagi dengan tingkah laku Ansel Elgort berkoreo selaras dengan musik yang ia mainkan pada beberapa adegan di film ini.

Kelebihan lain pada film ini ialah pemilihan para cast, terasa begitu pas dan cocok untuk peran mereka masing-masing. Ansel Elgort berhasil membawa perannya sebagai Baby dengan sangat baik, Debora, gadis polos namun memiliki daya pikat tersendiripun berhasil terpancar dari sosok seorang Lily James. Sedikit kekurangan mungkin pada Eiza GonzƔlez yang berperan sebagai Monika (Darling), ia terlalu cantik untuk berperan sebagai seorang perampok dan ekspresinya-pun masih kurang dapat terutama pada adegan bersenjata.

Kekurangan:

Jika didasari dengan menghibur atau tidaknya suatu film, maka Baby Driver dapat dikatakan sebagai film yang baik, namun jika mengukur dari segi kualitas cerita dan alur yang disajikan, film ini masih sulit rasanya untuk dikatakan film yang masuk kategori baik. 

Cerita yang ditampilkannya bisa dibilang adalah cerita yang hampir sama dengan film-film yang membawa tema yang sama. Sehingga jika ditilik dari segi ini, sisi menariknya menjadi kurang. Latar belakang beberapa tokoh-pun terlihat tidak begitu diperhatikan, sehingga membuat beberapa plot hole pada film ini. Seperti pada adegan kematian Doc yang terlihat sia-sia hanya karena alasan yang terlihat sangat konyol. Begitupun dari segi romance yang mungkin terkesan klise dan memuakkan, bertemu, saling suka, ingin melakukan apapun demi orang tersebut, terkesan basi bagi admin sendiri.

Kesimpulan:

Meski memiliki kekurangan yang bagi admin cukup banyak, bukan berarti menjadikan film ini sebagai film yang buruk untuk tahun 2017, bahkan Baby Driver sendiri termasuk salah satu yang terbaik. Karena segala kekurangannya berhasil tertutupi dengan berbagai kelebihannya yang sangat menonjol dan dapat menghibur penonton. Inilah penilaian admin mengenai film ini: Cerita dan alur (7.0), cast dan karakter (7.2), sinematografi (7.6), visual effect (7.2) dan sound editing (9.4). Dan rataa-untuk film ini adalah sebesar 7.7 oeh karena itu admin menyarankan dan merekomendasikan film ini untuk mengisi waktu kalian yang luang itu.

Baby Driver (7.7) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/050218) 

Comments