[Series Review] The Gifted - Serial Drama yang Dibalut dengan Unsur Superhero atau Serial Superhero yang Dibalut dengan Drama?

Foto: Fox/ Marvel
Skor IMDb: 7.8/10
Tomatometer: 70%
Audience Score: 79%
Penayangan: 2 Okt '17 - 15 Jan '18
Kreator: Matt Nix
Network: Fox
Episode: 13 Episode (43 Men.).
Genre: Action, Fantasy, Drama, Superhero.
Rating: R(13+) Remaja

Di dunia di mana mutan dianggap sebagai sebuah ancaman dan diperlakukan dengan penuh ketidak percayaan oleh masyarakat. Yang mana hal ini disebabkan oleh sebuah insiden yang dilakukan oleh oknum sebagian mutan yang menyebabkan kerugian dan hilangnya nyawa orang-orang yang tidak bersalah, baik itu manusia normal maupun mutant itu sendiri.


Reed Strucker (Stephen Moyer), yang awalnya seorang jaksa wilayah yang bekerja untuk pemerintah dengan mengadili para mutant yang tertangkap karena telah 'menyalahgunakan' kemampuannya, harus menerima kenyataan ketika mengetahui bahwa anak-anaknya -Lauren (Natalie Alyn Lind) dan Andy (Percy Hynes White)- juga merupakan seorang mutan, sama seperti mereka yang telah ia penjarakan. Bersama istrinya Caitlin (Amy Acker), ia-pun berpaling demi menyelamatkan anak-anak mereka dari kejaran para agen Sentinel Service, sebuah lembaga pemerintah, yang berjuang untuk menjaga kedamaian dan keeksistensian umat manusia dari ancaman para mutan.

Dengan meminta bantuan kepada Mutant Underground, sebuah organisasi rahasia yang menampung para pengungsi mutan, pasca hilangnya X-Men dari muka bumi. Ia dan keluarganya kini berusaha bersembunyi dari ancaman pemerintah sebelum akhirnya mereka dapat keluar dari kejaran mereka dengan lari keluar menuju negara lain. Dan dalam persembunyiannya, Reed menemukan sebuah fakta bahwa menjadi seorang mutan memiliki tantangan yang jauh lebih besar daripada yang ia bayangkan sebelumnya. Karena kemanapun ia pergi, Agen Turner (Coby Bell), seorang agen Sentinel Service yang berdarah dingin, mampu mengendus setiap inci pergerakan yang mereka dan apa yang akan mereka lakukan. 

Dengan bantuan teman-temannya di Mutant Uderground -Thunderbird (Blair Redford), Eclipse (Sean Teale), Polaris (Emma Dumont) dan Blink (Jamie Chung )- Reed beserta keluarganya meski terkesan sangat ironis kini berusaha untuk membantu dengan sepenuh tenaga mereka dalam perjuangan para mutan untuk kebebasan dan kesetaraan dengan seluruh umat manusia.

Kelebihan

Kesan pertama yang admin dapatkan ketika menonton episode awal dari serial ini adalah drama yang dibawakan dan dipadu dengan unsur superhero, kompisisnya terasa sangatlah pas. Cerita yang mengangkat tema kekeluargaan sangat terasa disini, hubungan kakak-adik antara Lauren dan Andy diperankan dengan sangat baik sehingga kedekatan mereka begitu terasa, meski bukan dalam artian sebenarnya. Hubungan orang tua dan anakpun meski terkesan selalu didramatisir, namun tetaplah menarik, karena cerita yang terkesan biasa ini memiliki rasa tersendiri ketika dipadu dengan kekuatan superhero.

Casting untuk para pameran juga terasa begitu cocok, Andy yang awalnya tampak sebagai anak yang selalu di-bully di sekolahnya dan berakhir menjadi seorang yang terobsesi dengan kekuatan tergambarkan dengan sangat baik. Terlebih pada Polaris, Emma Dumont ia berhasil memerankan seorang anak dari Magneto yang mewariskan sifat dan karakternya dengan penuh penghayatan, karakter yang memiliki sifat keras di luar namun lembut di dalam tergambarkan dalam karakter ini.

Dan satu lagi, meski tidak berhubungan langsung dengan cerita yang ada, judul setiap episode yang unik yang selalu menggunakan huruf X membawa kesan tersendiri yang menjadi ciri khas pada serial ini.

Kekurangan

Drama yang dibawakan dalam serial ini juga ternyata dapat menjadi bumerang yang menyerang balik pelemparnya. Pada awal cerita kita masih dapat metolerir kisah drama yang ada karena masih dipadu-padankan dengan berbagai aksi serta adu kekuatan berbagai macam karakter yang ada. Namun mulai dari pertengahan cerita hingga menjelang akhir, kesan mendramatisirnya kini menjadi terlalu bertele-tele, sehingga akan membuat penonton agak bosan dengan cerita yang ia berikan.

Dan sebagaimana kebanyakan serial yang ada, visual effect pada The Gifted juga masih terasa kurang, seperti ketika Blink mengeluarkan kekuatannya, portal yang dibuat olehnya masih terkesan begitu kurang apalagi jika dibandingkan dengan yang muncul pada film X-Men: Days of Future Past. Selain itu, banyaknya mutan yang memiliki efek kekuatan yang sama yakni menghancurkan sesuatu atau mengoyak sesuatu dalam serial ini menjadi kekurangan tersendiri dalam penanganan visual effectnya karena yang tergambarkan dalam adegannya masih terlihat sama, yakni ledakan dan ledakan. Meski begitu masih ada adegan lain yang memperlihatkan dengan spesifik kekuatan mereka.

Kesimpulan

Sebagaimana yang kami katakan tadi, The Gifted ini merupakan serial drama yang dibumbui dengan adu kekuatan super. Jadi, bagi kalian yang terlalu berharap banyak pada adegan superhero yang mengerluarkan kekuatannya ala-ala X-Men mungkin pilihan terbaik adalah mencari alternatif lain.

Berikut penilaian admin mengenai serial ini: Cerita dan alur (7.9), cast dan karakter (8.5), sinematografi (7.8), visual effect (7.1) dan sound editing (7.9). Dengan begitu rata-rata unutk The Gifted adalah sebesar 7.8 dengan begitu bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu luang dengan menonton sebuah drama keluarga yang seru dan tak biasa makan serial ini admin rekomendasikan untuk kalian.

The Gifted (7.8) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/130218) 

Comments