[Short Review] Steins;Gate: Oukoubakko no Poriomania - Dari Cerita Thriller ke Cerita Romance

Foto: Funimation/ White Fox
Judul Alternatif: Steins;Gate: Egoistic Poriomania, Steins;Gate: Poriomania Tidak Terkendali.
Skor MAL: 8.44 (#146)
Anifanscore: 84% (248/294) - Menarik
Penayangan: 22 Februari 2012
Prekuel: Steins;Gate
Sekuel: Steins;Gate Movie: Fuka Ryouiki no Déjà vu
Studio: White Fox
Adaptasi: Novel Visual
Jenis: Special
Durasi: 24 Men.
Genre: Sci-Fi, Thriller.
Rating: R(13+) Remaja

Mengambil latar beberapa bulan setelah kejadian pada seri utama 'Steins;Gate', Okabe Rintariou (Miyano Mamoru) beserta para anggota lab. yang lain diundang oleh Feyris -Akiha Rumiho- (Momoi Haruka) untuk berangkat bersamanya menuju Amerika Serikat, yang mana di sana dia akan mewakili Jepang untuk berpastisipasi dalam kejuaraan Rai-Net tingkat International. Sesampainya di sana mereka bertemu dengan seorang sahabat lama, Makise Kurisu (Imai Asami) yang bekerja di sebuah laboratorium di Amerika Serikat.


Karena sifat Okabe yang aneh, perjalanan untuk dirinya sendiri harus terhambat karena harus berurusan dengan pihak kemanan setempat. Namun masalah terbesar baginya ketika datang kesini bukanlah hal tersebut, melainkan Makise Kurisu sendiri. Ia yang telah kembali ingat beberapa potongan kenangannya dari dunia Alpha terus berusaha untuk memahami hal tersebut secara ilmiah, oleh karena itu dia datang menemui Okabe, menanyakan apakah berbagai hal yang ada di kepalanya tersebut memang penah terjadi sebelumnya. Dan apakah kenangan yang mereka berdua ciptakan berdua benar-benar nyata?

Kelebihan dari episode spesial ini adalah suasana yang lebih terlihat segar dari seri utama. Yups, mungkin ini memang disengajakan mengingat untuk seri utama membawa tema yang sesuai dengan pengambarannya, sedangkan ini lebih diperlihatkan bagaimana kehidupan sehari-hari para anggota klub pasca kejadian Steins;Gate. Lebih mengejutkan lagi, terungkapnya siapa sosok ibu dari Amane Suzuha (Tamura Yukari) jadi cerita menarik tersendiri dari episode spesial ini.

Cerita yang dimilikinyapun sebenarnya cukup baik, hubungan antara Okabe dan Kurisu yang lebih diangkat di dalam sini berhasil membuat perbedaan antara seri utama dengan spesial ini. Tidak ada kekurangan yang berarti di dalamnya sehingga dapatlah dikatakan sebagai epilog yang baik bagi cerita utama.

Berikut penilain admin mengenai episode spesial 'Steins;Gate' ini: Cerita dan alur (8.0), penokohan karakter (8.3), desain karakter (7.8), kualitas animasi (7.8) dan sound (8.1). Rata-rata yang dimilikinya adalah 8.0, maka dari itu episode spesial ini sangat sayang rasanya jika dilewatkan.

Steins;Gate: Oukoubakko no Poriomania (8.0) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/190218) 

Comments

Post a Comment