[Movie Review] Get Out - Hati-Hati Ikut Terhipnotis!

Foto: Universal Pictures
Judul Alternatif: Keluar!
Skor IMDB: 7.7/10
Audience Score: 87%
Penayangan: 7 April 2017 (Indonesia)
Sutradara: Jordan Peele
Studio: Universal Pictures
Durasi: 1j 44men.
Genre: Horror, Mystery, Thriller.
Rating: D(18+) Dewasa

Chris Wassington (Daniel Kaluuya), seorang fotografer berkulit hitam memutuskan untuk bertemu  keluarga pacarnya,  Rose Armitage (Allison Williams) yang berkulit putih sekaligus menghabiskan akhir pekannya di daerah perkebunan terpencil milik keluarganya. Hal yang tak diduga oleh mereka berdua adalah, kehadiran mereka bertepatan dengan sebuah acara yang rutin dilakukan tiap tahunnya oleh keluarga Armitage dengan kehadrian seluruh koleganya.


Pada awalnya Chris masih meragukan akan kehadiran dirinya di tengah keluarga pacarnya dengan warna kulitnya ini. Terlebih, munculnya kecurigaan yang ia temukan menambah tanda tanya besar, apa yang sebenarnya terjadi disini.

Dan di saat semua rangkaian hal-hal yang membuat dirinya tidak nyaman ini telah berkumpul, ia pun memutuskan untuk kembali ke apartemennya. Disinilah akhirya kecurigaan yang ia miliki terbukti. Sambutan yang begitu hangat di awal pertemuan, kini telah menjadi sebuah ancaman mengerikan yang akhirnya membawanya pada suatu kebenaran yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Kelebihan

Isu rasis yang begitu kental dalam film ini berhasil digambarkan dengan sangat baik oleh Jordan Peele, kita akan dibawa bagaimana sulitnya merasakan menjadi orang yang selalu dianggap negatif bagi sebagian masyarakat di negeri adidaya tersebut. Jika nampak sekilas, cerita survival dari sebuah rumah yang disebabkan oleh pertemuan dengan wanita misterius mungkin sudah banyak kita temui, meski begitu dengan berbagai kelebihan lain yang dimilikinya, hal ini akan kita kesampingkan karena dengan berbagai kelebihannya yang lain hal ini dapat tertutupi.

Yang paling kami suka dari film ini adalah sound editing-nya, ini adalah salah satu yang terbaik. Karena dengan begitu hebatnya penonton seolah-seolah terhisap ikut menjadi bagian dalam film ini. Seperti pada adegan ketika Chris dihipnotis oleh Missy Armitage (Catherine Keener), ibu dari Rose, dengan ditambah sinematografi yang begitu mumpuni, kami sebagai penonton terasa ikut terhipnotis saking sempurnanya editing pada film ini.

Terakhir, akting dari Daniel Kaluuya benar-benar begitu mendalam. Entah kenapa dia berhasil membuat penonton itu simpati terhadapnya meski dalam benak admin sendiri ini orang rada ngeselin. Selain Daniel, aktor-aktris lain juga terbilang sangat hebat dalam perannya, sebutlah Marcus Henderson yang berperan sebagai Walter, Betty Gabriel (Georgia) dan juga Caleb Landry Jones (Jeremy Armitage) karakter paling menyebalkan dalam film ini.

Kekurangan

Sulit rasanya mengatakan bahwa film ini memiliki kekurangan, terlebih dengan perolehan berbagai penghargaan yang diraihnya menjadikannya film paling berkualitas pada tahun 2017. Namun bagi admin sendiri film ini masih belum dapat dikataan sempurna, apalagi sebagai film horror terbaik, seperti tema yang sudah cukup banyak dibawa oleh film-film lain membawa rasa bosan tersendiri mungkin bagi sebagian orang. Selain hal ini, tidak ada hal berarti yang menjadi kekurangan untuk 'Get Out'

Kesimpulan

[AWAS SPOILER] - Beberapa pekan lalu, admin sempat memposting mengenai 'Best Movie Villain of 2017' di akun Instagram blog ini (@sancinema.blog) yang mana postingan ini disadur dari polling yang diadakan di situs IMDb dan masih berlanjut sampai sekarang. Yang paling membuat penasaran adalah kenapa Chris Washington termasuk kedalamnya? Kesimpulan dari admin sendiri adalah ending dari cerita ini. Seperti yang kita ketahui, Chris merupakan korban dari keluarga Armitage, namun sifatnya yang begitu agresif ketika hendak menyelamatkan diri hingga membunuh seluruh isi dari keluarga tersebut menjadikannya tampak seperti pembunuh berdarah dingin yang begitu tidak peduli akan nasib korbannya.

Baiklah, untuk penilaian, inilah pendapat kami mengenai 'Get Out': Cerita dan alur (8.6), cast dan karakter (8.9), sinematografi (9.1), visual effect (8.8) dan sound editing (9.6). Maka dari itu rata-rata untuk film ini adalah sebesar 9.0 nilai yang tinggi bukan? Maka dari itu film ini wajib masuk ke dalam list tontonan kalian!

Get Out (9.0) 
⭐⭐⭐

(Bekaa/270218) 

Comments